Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Fitur Menarik Yang Dimiliki Google Search

Fitur-fitur Menarik Yang Dimiliki Google Search
Menggunakan Google sebagai mesin pencari.
Di era modern seperti ini, banyak teknologi yang memungkinkan dapat membantu manusia untuk mengerjakan tugasnya, seperti menulis, menghitung, menggambar, menentukan jumlah, hingga bermain. Sebut saja google yaitu pengembang teknologi bermanfaat. Google memiliki banyak sekali software yang berguna untuk manusia modern. Diantaranya adalah google search engine. Google Search Engine ini berfungsi sebagai mesin pencari web-web atau situs-situs yang ingin dituju. Google Search Engine sendiri selain fungsinya sebagai mesin pencari, Google Search Engine memiliki fitur-fitur yang bagi saya unik karena tidak perlu butuh aplikasi tambahan. Apa saja fitur-fiturnya langsung kita bahas.

Baca juga :

1). Kalkulator

Selain sebagai aplikasi bawaan, kalkulator juga bisa dibuka di mesin pencarian google. Kalian bisa menggunakannya sebagaimana layaknya kalkulator di aplikasi bawaan. Kalian bisa mencobanya dengan ketik "kalkulator" di kolom pencarian google. Fungsinya tidak hanya mengkali, membagi, menambah, maupun mengurangi, tetapi bisa menghitung yang lain seperti bilangan akar, cosine, bilangan pangkat, dsb. Manfaat sekali ya?
Menghitung menggunakan kalkulator di google search
Kalkulator di google pencarian bisa kalian coba sendiri fungsinya.


2). Timer

Selain kalkulator, google juga menyediakan timer atau alarm. Fungsinya yaitu membatasi kegiatan sampai waktu yang ditentukan. Misalnya kita menulis cerpen selama 2 jam, kita tinggal setel 2 jam pengaturannya. Timer juga sebagai salah satu aplikasi bawaan baik ada di Android, iOS, Windows, dsb. Kalian bisa mencobanya dengan mengetik kata kunci "timer" di kolom pencarian lalu muncul setingan timer. Google memberi fitur yang unik untuk melengkapi fitur di Search Engine-nya.
Mengatur alarm dengan google search engine
Timer atau alarm bisa kalian aktifkan di google pencarian.

3). Telepon

Telepon juga ada di search engine google. Fungsinya yaitu melayani pengguna untuk memudahkan kontak memanggil panggilan suara ke orang yang ingin dipanggil. Fungsi ini juga ada di perangkat telepon tetapi google menambahi fitur ini di mesin pencariannya untuk melengkapi fungsi Search Engine milik Google sendiri. Kalian bisa mencobanya dengan mengetik keyword atau kata kunci "telepon".
Menggunakan telepon sebagai alat komunikasi
Bisa dicoba menelepon lewat google pencarian.

4). Translate

Selain Google Translate versi aplikasi, ada juga Google Translate versi google pencarian. Fungsinya sama seperti versi aplikasinya yaitu menerjemahkan bahasa yang kita tahu ke bahasa asing, tetapi kalau di versi aplikasinya memiliki fitur yang lebih menarik. Untuk kalian yang ingin memiliki aplikasi Google Translate tetapi penyimpanan tidak mau boros, kalian bisa pakai versi google search engine-nya. Kalian hanya ketik "translate" atau "terjemahkan" di kolom search google. Google menambahinya karena ingin mempermudah jalan kita untuk pakai google translate tetapi ukurannya yang cukup lumayan.

Mencari arti dari kata-kata bahasa asing
Google Translate versi search engine tak kalah menarik dari versi aplikasinya.
5). Menentukan Kurs

Google juga menyediakan layanan informasi mengenai kurs mata uang asing. Fungsinya yaitu menentukan nilai mata uang negara satu dengan negara yang lain. Seperti kita ingin tahu berapa rupiah (mata uang Indonesia) dengan USD (mata uang Amerika Serikat). Google menambahi fitur ini di search engine-nya untuk mempermudah kita menentukan kurs mata uang asing. Daripada susah-susah hitung, lebih baik langsung dapat dihitung. Kalian bisa mencobanya dengan ketik sebuah mata uang ke mata uang lainnya, misalnya "1 riyal to idr". Riyal sebagai mata uang negara Arab Saudi dan IDR (Indonesian Rupiahs) sebagai mata uang Indonesia.
Menentukan nilai mata uang negara satu ke mata uang negara lain
Kalian bisa menentukan kurs mata uang asing di google search engine.

6). Waktu

Mungkin kalian ingin tahu jam berapa sekarang di negara lain. Sekarang Google Search sudah memiliki fitur yakni menentukan waktu di wilayah tertentu. Misalnya mencari waktu di wilayah papua. Selain di wilayah negara sendiri, bisa digunakan untuk mencari ke wilayah lain bahkan di luar benua, misalnya di Negara Kanada. Kalian bisa mencobanya dengan mengetik "waktu di (nama wilayah)". Seperti contoh : waktu di kanada. Selain menentukan waktu di wilayah lain, Google Search bisa menjawab jika kalian menanyakan waktu sekarang (waktu dimana kalian berada dan saat kapan). Kalian bisa mencobanya dengan mengetik "waktu sekarang" di kolom Search Google.
Kalian bisa menentukan waktu di wilayah tertentu dengan google search.
Menentukan waktu di wilayah lain melalui Google Search Engine.

7). Metronome

Bagi kalian yang sedang belajar musik atau sedang bermain alat musik pasti sudah tidak asing dengan kata metronome. Metronome adalah alat untuk penjaga irama atau tempo dalam sebuah komposisi musik. Metronome selain ada yang versi alat juga ada yang versi aplikasi. Daripada yang pakai aplikasi yang membutuhkan ruang kosong, pakai saja metronome versi google search. Google menyediakan metronome agar lebih mudah untuk menggunakannya. Kalian bisa mencobanya dengan mengetik keyword "metronome" di kolom google search.
Metronome juga ditambahkan di google search
Metronome juga tersedia secara online di google search.

8). Snake

Selain di atas sana, google juga menambahi permainan-permainan unik salah satunya yaitu Snake. Snake (bhs.inggris; ular) adalah permainan yang memang begitu terkenal dari dulu. Snake ini adalah permainan dimana kita menggeser-geser layar untuk membelokkan si ular agar tidak menabrak dan segera mendapatkan makanannya. Game yang sudah termasyhur karena game ini game jadul karena sejak zamannya hp Nokia melebar di tanah air. Permainan ini bisa kalian coba sendiri dengan mengetikkan kata kunci "snake" di kolom pencarian google. Coba saja, saya sudah mencobanya dan memang dari dulu sama.
Snake salah satu game yang ada di google search
Permainan ini bisa kalian coba di google search.

9). Pacman

Selain snake, Pacman juga ada di google search. Game bergenre arcade ini sudah memberi keseruan sejak beberapa tahun silam. Pacman versi google search itu gimana yah? Kalian bisa coba mengetikkan keyword "pacman" di kolom google search.
Pacman merupakan game jadul yang masih keren saat ini
Permainan yang satu ini bisa dimainkan melalui google search engine.

10). Tic Tac Toe

Tic tac toe juga ditambahkan di google search. Game ini sudah tidak asing di telinga kita. Game silang bundar silang ini sejak dulu sampai sekarang masih saja keseruannya. Bermain dengan teman lebih seru apalagi main dengan google. Jika kalian ingin memainkan game ini dengan google, kalian cukup ketik "tic tac toe" di kolom pencarian google.
Game ini salah satu game yang terpolpuler sejak zaman dulu.
Tic Tac Toe atau silang bundar silang ini termasuk permainan yang ada di google search.

Nah itu dia berbagai fitur menarik yang disematkan di google search engine. Kalian suka yang mana kira-kira? Itulah informasi dari saya tentang fitur-fitur unik dan menarik di google search. Mungkin kalian ada yang suka dan ada yang tidak suka. Fitur-fitur unik itu ditambahi google untuk mempermudah para pengguna agar tidak merasa susah. Selain itu, google menambahi permainan-permainan unik dan tentunya tidak kalah seru dengan game PS4 kan?

Sekian dari saya, bila kalian menemukan kesalahan kata atau sebagainya saya minta maaf. Jika menemukan kesalahan atau kebenarannya, silahkan berkomentar tentang artikel ini. Satu komentar lebih berharga daripada like 100 kali. Terima kasih, sekian dan sampai jumpa.

Post a Comment for "10 Fitur Menarik Yang Dimiliki Google Search"