Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Macam-Macam Software Pengolah Angka atau Spreadsheet

Berikut kami akan membahas tentang macam-macam software pengolah angka atau spreadsheet
Software Pengolah Angka atau Spreadsheet
Saat kita mengerjakan tugas dari guru tentu saja pasti kita butuh bantuan teman. Di zaman now ini kita kalau mengerjakan tugas pasti browsing dulu di internet atau hanya butuh aplikasi tertentu saja untuk dapat menyelesaikan tugasnya. Mungkin tugasnya hanya membuat makalah, laporan, proposal, membuat statistik data-data, atau apalah. Untuk mengerjakan seperti itu pastinya kita membuatnya di software pengolah kata seperti Word, Notepad, dll. Kalau tugasnya menggambar, kita butuh aplikasi gambar atau editing seperti Paint, Paint 3D, Corel Draw, dll. Nah, kalau tugasnya menghitung, mengumpulkan data-data, membuat piramida penduduk, atau apalah pastinya butuh software pengolah angka. Apa itu? Software yang memungkinkan kita mengolah dalam bentuk angka karena fungsinya.

Untuk hari ini kita membahas tentang software pengolah angka atau disebut juga dengan Spreadsheet. Sebelumnya kita sudah membahas Macam-macam Software Pengolah Kata. Untuk kali ini kita yang pengolah angka. Bedanya pengolah kata dengan pengolah angka adalah pada fungsinya. Langsung kita bahas Macam-Macam Software Pengolah Angka menurut Pintu Dunia 71.

1. Microsoft Excel

Yang pertama ada Microsoft Excel. Microsoft Excel atau Ms Excel atau Excel adalah software pengolah angka yang dikembangkan oleh Microsoft dalam kategori Microsoft Office. Software saudaranya Word ini memiliki fungsi yakni mengumpulkan data-data dalam bentuk tabel yang dimaksud dengan spreadsheet.  Excel mulai pertama rilis pada tahun 1985 dengan nama Multiplan dan sampai sekarang dengan nama Excel 2016 atau 365. Excel tidak hanya tersedia untuk Windows saja tetapi tersedia untuk MacOS, iOS, serta Android. Excel memiliki fitur dan menu pilihan yang lengkap dengan perubahan desain dari dulu sampai sekarang pun berubah. Sangat sederhana, nyaman, dan ramah. Excel paling banyak diminati oleh semua kalangan baik kalangan pelajar, pengajar, pebisnis, hingga pemerintah. Walapun begitu, Excel memiliki harga yang begitu tidak sedikit untuk membelinya.
Macam-macam software pengolah angka yang perlu kalian ketahui
Microsoft Excel 2016

2. KSpread

Yang kedua ada KSpread. Software KSpread ini adalah software spreadsheet yang dikembangkan KDE dan termasuk bagian dari keluarga KOffice. Software saudaranya KWord ini dirilis pertama kali pada Juni 2005 yang dikhususkan kepada pengguna Windows dan Linux. Sama seperti KWord, KSpread ini memiliki ketersediaan 99+ bahasa. KSpread memiliki beberapa fitur yakni; beberapa lembar kerja dalam satu dokumen, beragam kemungkinan pemformatan, dukungan lebih dari 100 fungsi, template, diagram, pemeriksa ejaan, hyperlink dan pengurutan data. KSpread juga memiliki banyak pengguna juga selain Excel. Mungkin diantara kalian ada yang pengguna KSpread ini.
Macam-macam software pengolah angka atau spreadsheet
KOffice.org KSpread

3. Gnumeric

Software yang selanjutnya ada Gnumeric. Gnumeric adalah software pengolah angka yang dikembangkan oleh GNOME Office team yang dirilis pada akhir tahun 2001.  Gnumeric bisa dijalankan di Windows, Linux, serta MacOS. Program ini diklaim ringan, mudah, cepat, dan akurat dalam menjalankan tugasnya. Software ini mampu membaca dan mengedit format dokumen .xls dan beragam format yang lainnya.
Macam-macam software pengolah angka yang wajib kalian ketahui
Gnumeric

4. Lotus 123

Lotus 123 adalah software pengolah angka yang populer pada zamannya yaitu tahun 1980-an. Software ini dikembangkan oleh Lotus Software dan sekarang bagian dari IBM. Aplikasi ini dulunya adalah aplikasi yang bermanfaat pada dulu serta memiliki sejarah yang panjang dan harus tahu asal usulnya agar paham. Saya tidak akan menceritakan sejarahnya karena butuh waktu untuk kalian pahami. Jadi kalian searching dulu di google pasti banyak. Lotus 123 sekarang memang sudah tiada orang yang memakai aplikasi ini. Makanya jarang bahkan tidak ada lagi orang yang memakai aplikasi ini.

5. WPS Office

WPS Office adalah serangkaian macam software yang berisi tiga macam, berasal dari huruf WPS yakni Word, Presentation, dan Spreadsheet. Untuk kali ini kita membahas Spreadsheet. Software Spreadsheet ini fungsinya sama seperti software pengolah angka lainnya yakni mengolah dokumen dalam bentuk angka. Software ini cukup populer dan memang banyak pengguna yang suka memakai software besutan Kingsoft Office ini karena memang memiliki menu dan desain yang sederhana nan ramah.
Macam-macam software spreadsheet yang perlu kalian pelajari
WPS Office

6. OpenOffice Calc

OpenOffice Calc merupakan salah satu software pengolah angka yang dikembangkan oleh OpenOffice. Software ini bersifat open source. OpenOffice Calc mendukung standar ODF (Open Document Format) untuk pertukaran data sebagai standar format file. Software ini juga bisa mengenali berbagai macam jenis format dari beberapa software pengolah angka. Software ini juga tak kalah banyak peminat juga dengan Microsoft Excel atau KSpread. Mungkin kalian salah satu pengguna software ini atau kalian pernah melihat software ini.
Berikut kami rangkum beberapa macam software pengolah angka yang pernah ada dan perlu kalian pelajari
OpenOffice Calc

7. Xess

Software spreadsheet yang satu ini adalah Xess. Xess adalah sistem spreadsheet yang dikembangkan oleh AIS (Applied Information System). Xess bersifat multiplatform. Xess merupakan software spreadsheet yang memiliki beberapa versi untuk penggunaannya yaitu Enterprise dan juga Lite. Enterprise digunakan untuk kalangan perusahaan sedangkan Lite untuk perorangan. Xess memiliki harga yang bagi saya sangat mahal. Bahkan lebih mahal daripada Microsoft Excel.
Berikut kami rangkum beberapa software pengolah angka yang perlu kalian ketahui
Xess

8. WingZ

Software spreadsheet yang selanjutnya ada WingZ. WingZ merupakan aplikasi pengolah angka yang bersifat multiplatform artinya banyak digunakan di beberapa platform. Software ini juga free meski dibatasi hanya untuk penggunaan non komersial. WingZ bukan aplikasi biasa. WingZ adalah aplikasi pengolah angka yamg dilengkapi dengan perangkat alat bantu untuk menganalisis data dinamis dengan fungsi-fungsi lengkap dalam bidang statistik, rekayasa, keuangan, serta dengan adanya ketersediaan matriks lembaran kerja multiplayer.

9. StarOffice Calc

StarOffice Calc adalah software pengolah angka yang bersifat multiplatform yang sama seperti software pengolah angka lainnya. Kelebihan software ini adalah kemampuannya untuk mengenali dan mengklarifikasi data yang ditempatkan di lembar kerja dan membantu penggunanya untuk membuat grafik dari data tersebut. Software ini juga memiliki beberapa fitur yang unggul juga yakni Function Wizard yang membantu menambahkan rumus-rumus yang sulit, dilengkapi dengan ±275 fungsi dan formula, Chart untuk menampilkan data dalam bentuk grafik sesuai dengan yang diinginkan, dan banyak lagi lainnya. Mungkin diantara kalian ada yang menggunakan software ini kan.
Berikut kami rangkumkan beberapa macam software pengolah angka yang perlu kalian ketahui
Star Office Writer

10. Abacus

Software yang selain di atas adalah Abacus. Abacus merupakan software pengolah angka yang awalnya dikembangkan sebagai proyek dari mahasiswa asal IST, Portugal. Selanjutnya software dikembangkan menjadi software spreadsheet yang bisa digunakan oleh beberapa pengguna. Abacus ini membutuhkan memori yang kecil serta mudah digunakan baik oleh pengguna yang lama maupun yang baru.
Macam-macam software pengolah angka yang pernah ada dan perlu kalian pelajari
Abacus

Nah, itulah tadi macam-macam software pengolah angka yang perlu kita ketahui. Mungkin dapat menjadi pengetahuan bagi kita semua. Mungkin ada diantara kalian yang mempunyai tugas untuk mencari software pengolah angka mungkin dapat kalian pelajari. Mudah-mudahan artikel ini dapat menambah wawasan bagi kita semua yang membaca artikel ini.


Terima Kasih
Salam dari Penulis
.................................................

3 comments for "Macam-Macam Software Pengolah Angka atau Spreadsheet"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang bijak dan sesuai dengan topik pembahasan