Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbandingan Konsol Xbox One dengan Playstation 4

Setiap orang memiliki cara tersendiri dalam menghibur diri untuk menghilangkan stres. Ada yang dengan bersepeda, memandang alam, melihat kolam ikan, berolah raga, serta ada juga yang bermain game. Bermain game memang memiliki kepuasan tersendiri bagi pemainnya. Justru bermain game dapat menghilangkan stres dan meningkatkan kesenangan. Tapi, kebanyakan bermain itu tak baik guys. Bermain game ada yang menggunakan konsol, PC, smartphone, smart tv, VR, dll. Dan tak sedikit orang bermain game di sebuah konsol. Konsole game memang ada banyak tetapi yang paling terkenal ada 3 yaitu XBOX, Playstation, dan Nintendo. Saat ini persaingan antara konsol besutan Microsoft, Xbox dan konsol besutan Sony, Playstation makin memanas. Dengan dirilisnya konsol Xbox One dan PlayStation 4 yang memiliki performa dalam bermain game yang luar biasa, mereka berlomba-lomba dalam membuat konsol kebanggaan mereka jadi top bagi orang-orang. Tentu ada beberapa perbedaan diantara kedua konsol tersebut. Dalam artikel ini, kita bahas perbandingan konsol Xbox One dengan Playstation 4. Seperti apa langsung scroll ke bawah.

Perbandingan Konsol Xbox One dengan Playstation 4
Sumber : digitaltrends.com

1. Desain

Konsol Xbox One dan Playstation 4 memiki desain yang berbeda. Walaupun bentuk sama-sama kotak, desain kedua konsol memiliki ciri khas tersendiri. Seperti Xbox One, dengan desain kotak persegi panjang yang elegan dengan varian warna putih, hitam, serta ada varian limited edition yang beragam. Dengan bentuk kotak yang lumayan besar ini berat mencapai 3,2 kg.
Sementara, PS4 memiliki desain kotak yang miring ke belakang sehingga dari samping terlihat kotak jajargenjang. Body PS4 berbentuk seperti kotak kecil yang menyatu secara vertikal dan horizontal (PS4 fat). Varian warna yang ditawarkan ada hitam, putih, serta varian limited edition yang beragam. Berat konsol ini mencapai 2,8 kg.
Desain Xbox One dan Playstation 4
Sumber : id.techinasia.com

2. Spesifikasi

Xbox One dan Playstation 4 memiliki spesifikasi yang sama. Berikut spesifikasi untuk Xbox One :
  • Single-chip custom processor
  • AMD Jaguar 8 cores x86-64
  • GPU 1.84 TFLOPS, AMD next generation radeon-based graphics engine
  • GDDR5 8 GB Memory
  • Built-in 500 GB/1 TB Storage
  • BD 6xCAV, DVD 8xCAV Optical Drive
  • Ethernet, IEEE 8.02.11 b/g/n, Bluetooth 2.1 (EDR) communication
  • HDMI, Analog-AV out, Digital Output (optical)
Untuk spesifikasi Playstation 4 sama seperti Xbox One. Berikut spesifikasinya :
  • Single-chip custom processor
  • AMD Jaguar 8 cores x86-64
  • GPU 1.84 TFLOPS, AMD next generation radeon-based graphics engine
  • GDDR5 8 GB Memory
  • Built-in 500 GB/1 TB Storage
  • BD 6xCAV, DVD 8xCAV Optical Drive
  • Ethernet, IEEE 8.02.11 b/g/n, Bluetooth 2.1 (EDR) communication
  • HDMI, Analog-AV out, Digital Output (optical)

3. Controller

Bentuk, desain, dan tombol pada controller kedua konsol tersebut berbeda. Persamaanya hanya cara menggunakannya sudah bisa wireless atau tanpa kabel. Tombol yang tersedia dalam controller sudah berbeda. Kontrol analog pada Xbox ada pada bagian bawah di sisi kanan dan di atas pada sisi kiri. Tombol yang tersedia pada Xbox yaitu 2 analog, tombol Y-A-B-X, dan tombol LT/RT/LB/RB. Controller Xbox One menggunakan battery jenis AA Battery yang bisa diganti bila habis masa pakainya. Controller Xbox One disebut Xbox's Controller. Controller ini dapat terhubung ke Xbox One hingga 8 buah controller.
Sedangkan controller PS4 berbeda dengan controller Xbox dengan tombol analog pada bagian bawah semua serta tombol yang tersedia tombol X-Δ-⬜-O, tombol R1/R2 & L1/L2, dan touchpad. Controller ini menggunakan battery tanam yang hanya bisa di charge menggunakan USB cable. Controller PS4 disebut juga Dualshock 4. Controller ini dapat terhubung ke Playstation 4 hingga 4 buah controller.
Controller kedua konsol tersebut memanglah berbeda
Sumber : dailysocial.id

4. Interface

Tampilan pada kedua konsol tersebut berbeda. Untuk Xbox One memiliki tampilan UI memukau serta elegan dengan menu dan tampilan seperti pada UI Windows 8 dan mengusung fluent design layaknya Windows 10. Pilihan menu yang cukup banyak dan disertai animasi yang membuat konsol ini sangat bagus. Juga dilengkapi background statis dan dinamis yang dapat diubah-ubah sesuai selera.
Untuk Playstation 4 tampilan menu yang bagus dan minimalis. PS4 memiliki menu yang terpisah antara game & app, pengaturan dan pengaturan tambahan. Dengan background utama warna biru dinamis dapat memanjakan mata anda. PS4 juga bisa menggunakan tema statis dan dinamis lain yang tersedia di store.
Perbandingan Konsol Xbox One dengan Playstation 4
Tampilan UI Playstation 4
Perbandingan konsol xbox one dengan ps4
Tampilan UI Xbox One


5. Logo

Setiap produk pasti terdapat logo. Seperti halnya kedua konsol tersebut. Untuk Xbox One memiliki logo/emblem dari developer yakni Microsoft Corporation yang berbentuk 4 kotak kecil dan logo/emblem Xbox One dari Xbox berbentuk bola bertulisan X. Untuk warna dasar yang dipakai Xbox One adalah hijau. Dan juga blu-ray disc game Xbox juga bercover warna hijau.
Sedangkan Playstation 4 memiliki logo/emblem developernya yaitu SONY dan logo/emblem Playstation bertulisan PS. Untuk warna dasar dari Playstation 4 ini berwarna biru. Dan juga blu-ray disc game PS4 bercover warna biru.
Perbandingan Konsol Xbox One dengan Playstation 4
Logo Xbox (kiri), Logo PS (kanan)
Sumber : comicbook.com

Game A Plague Tale: Innocence untuk Xbox One dan Playstation 4
Game yang bercover Xbox One dan PS4

6. Layanan Online

Xbox One dan Playstation 4 tersedia layanan online seperti store, multiplayer, akun, cloud storage, dsb. Layanan yang mereka gunakan berbeda.
Untuk Xbox One, layanan online disebut Xbox Live dan akun yang digunakan adalah akun Xbox yang sama dengan akun microsoft. Jika kamu mempunyai akun microsoft maka kamu bisa mendaftar ke akun xbox tanpa tambahan akun yang ribet. Selain itu Xbox melayani penjualan app dan game di Xbox Store (sekarang Microsoft Store). Xbox juga melayani stream musik dan film. Yang pastinya Xbox melayani layanan multiplayer online.
Untuk Playstation 4, layanan online nya disebut Playstation Network (PSN) dan akun yang digunakan adalah akun playstation. Pendaftaran akun PS perlu akun lain seperti gmail, hotmail, yahoo, dsb sebagai User ID. Playstation melayani layanan online seperti halnya Xbox yakni layanan app & game di Playstation Store, stream musik & film, cloud storage, dan multiplayer online.
Jika kamu ingin bermain multiplayer online, kamu harus berlangganan ke Xbox Live Gold untuk Xbox atau Playstation Plus untuk Playstation 4. Layanan multiplayer online tersebut bisa kamu dapatkan dengan berbayar. Kamu bisa membayar sebanyak Rp 811.000/tahun untuk Xbox One dan Rp 675.000/tahun untuk Playstation 4 agar mendapat layanan online. Dan kamu bisa membeli voucher card sebagai uang online untuk membeli app dan game berbayar kecuali untuk game dan app lain yang gratis kamu bisa mengunduhnya.
Oh iya, kedua konsol tersebut bisa kamu gunakan untuk browsing di internet, untuk Xbox One menggunakan browser Microsoft Edge sedangkan PS4 menggunakan PS4 Web Browser.

7. Game Eksklusif dan Backward Compatibility

Banyak game yang bisa kita mainkan menggunakan kedua konsol tersebut asalkan sesuai blu-ray disc nya. Tapi, beberapa game dapat kita mainkan hanya pada salah satu konsol. Game tersebut dinamakan Exclusive game. Xbox One dan PS4 memang memiliki game eksklusif tersendiri.
Untuk Xbox One, beberapa game keren hanya ada di konsol ini seperti Quantum Break, Gigantic, Forza Horizon, Forza Motorspot, Halo Wars, Gears of War 4, dll.
Untuk PS4, game tak kalah keren dari game nya Xbox One antara lain: The Last of Us, God of War, Detroit: Become Human, Uncharted 4, Marvel's Spiderman, dll.
Menurut banyak orang, game eksklusif PS4 lebih banyak dan lebih keren dari game eksklusif Xbox One. Tapi, hal itu tidak masalah karena sama-sama mempunyai grafik memukau.
Perbandingan Konsol Xbox One dengan Playstation 4
Game eksklusif PS4 (kiri), Xbox One (kanan)
Sumber : google.com

Selain itu, kedua konsol tersebut memiliki fitur backward compatibility (bermain game lawas) yang berbeda. Xbox One dapat memainkan game konsol sebelumnya Xbox 360 baik berupa blu-ray disc maupun digital Xbox live. Tetapi tidak semua fitur dan game Xbox 360 bisa dimainkan di konsol terbaru, hanya beberapa saja dan bisa dicek di situs Xbox nya. Dan untuk konsol PS4 bisa memainkan game lawas hanya lewat PSN saja. Menggunakan disc PS sebelumnya tidak bisa dimainkan.

8. Perangkat dalam Paket Penjualan

Setiap membeli konsol terdapat perangkat pendukung dan tambahan yang disertakan dalam box nya. Xbox One dan Playstation 4 memiliki perbedaan mengenai hal tersebut.
Xbox One memiliki perangkat tambahan dalam box nya yaitu: kabel power, kabel HDMI, Xbox One Chat Headset, Xbox One Controller, Kinect (dulu disertakan sekarang opsional), dan gratis 14 hari masa langganan Xbox Live Gold.
Sementara Playstation 4, perangkat pendukung dan tambahan antara lain: kabel power, kabel USB, kabel HDMI, Playstation Wired Mono Headset, dualshock 4, dan gratis 30 hari masa langganan Playstation Plus.

9. Varian

Setiap konsol memiliki varian yang berbeda. Xbox One memiliki 3 jenis varian yaitu Xbox One, Xbox One S dan Xbox One X. Varian Xbox One S dan Xbox One X adalah varian terbaru yang memiliki performa dan kualitas yang bagus hingga mendukung dukungan HDR dan 4K. Untuk Playstation 4 juga memiliki 3 varian yaitu Playstation 4 (fat), Playstation 4 Slim dan Playstation 4 Pro. Playstation 4 Slim dan Pro merupakan varian terbaru yang memiliki performa gaming yang semakin bagus dan PS4 Pro juga sudah mendukung HDR dan 4K.
Selain itu, masing-masing konsol memiliki varian limited edition yakni Xbox One dan Playstation 4 edisi terbatas dengan tampilan, warna, tema, dan suara yang unik. Biasanya limited edition dibundle dengan game-game yang hits di konsol tersebut. Selain game, limited edition juga diproduksi untuk memperingati suatu hari istimewa seperti anniversary, birthday, season, dan celebrate day. Xbox One dan Playstation 4 memiliki tampilan yang unik di limited edition. Tampilan tersebut benar-benar unik dan berbeda dari tampilan biasanya.
Xbox One dan PS4 limited Edition
Sumber : google.com

10. Harga dan Penjualan

Untuk Xbox One dan Playstation 4 memiliki harga yang berbeda. Untuk harga Xbox One.
  • Harga Xbox One : Rp5.500.000,-
  • Harga Xbox One S : Rp6.250.000,-
  • Harga Xbox One X : Rp8.200.000,-
  • Harga Xbox One S Gears of War 4 Limited Edition : Rp7.250.000,-
Untuk harga Playstation 4.
  • Harga Playstation 4 : Rp4.500.000,-
  • Harga Playstation 4 Slim : Rp4.750.000,-
  • Harga Playstation 4 Pro : Rp6.500.000,-
  • Harga Playstation 4 Pro God of War edition : Rp12.750.000,-
Untuk masalah harga bisa berubah-ubah sesuai toko penjualan atau pihak Sony. Kamu bisa membelinya sesuai pilihanmu dan membelinya bisa di toko offline dan toko online.
Di region Asia khususnya Indonesia, memang Xbox jarang tersedia. Berbeda dengan Playstation yang tersedia banyak di negara Indonesia. Apalagi banyak pelapak yang menjual harga tergolong murah. Inilah Playstation terkenal di Indonesia daripada Xbox.

Itulah beberapa perbandingan dan perbedaan antara Xbox One dan Playstation 4. Manakah yang kamu pilih untuk dijadikan konsol favoritmu? Menurut pendapat saya pribadi, pemenang dari hal-hal tersebut adalah :

  • Desain : Xbox One
  • Spesifikasi : Xbox One
  • Controller : Playstation 4
  • Interface : Xbox One
  • Logo & Warna : Playstation 4
  • Layanan Online : Xbox One
  • Game Eksklusif : Playstation 4
  • Backward Compatibility : Xbox One
  • Paket Penjualan : Playstation 4
  • Varian : Playstation 4
  • Limited Edition : Xbox One
  • Harga : Playstation 4
  • Penjualan : Playstation 4
Semua itu hanyalah opini pribadi saya. Menurutmu, konsol mana yang lebih baik? Komen di kolom komentar untuk mengutarakan pendapatmu.
Sekian dan terima kasih.

1 comment for "Perbandingan Konsol Xbox One dengan Playstation 4"

Silahkan berkomentar yang bijak dan sesuai dengan topik pembahasan