Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Software Bermanfaat Dari Google

Hai semua!! Kali ini saya akan memberi pengetahuan tambahan mengenai aplikasi dari google. Siapa sih yang tidak tahu google. Semua orang pasti tahulah ya!! Google merupakan sebuah perusahaan ternama yang memiliki bermacam-macam teknologi seperti mesin pencari, peta dunia, penerjemah, dll. Google memproduksi berbagai teknologi yang fiturnya bermanfaat. Saya akan rangkum 10 Software Bermanfaat Dari Google. Apa saja itu langsung saja scroll ke bawah.

1. Google Search Engine
Kalian pasti tahulah ya. Kalian sering browsing ke internet dan ada tulisan Google dan di bawahnya ada kolom pencarian dan kalian ketik apa yang kalian inginkan misalnya "Makanan terlezat di Indonesia". Yah, itu dia yang dinamakan Google Search Engine. Kalian pasti akan merasa mudah jika ada teknologi ini. Kenapa tidak kalau ada tugas membuat teks cerpen kalian lebih memilih copas(copy paste) dari google. Teknologi ini memuat artikel-artikel yang di buat oleh orang-orang pengguna blogger. Jadi itulah banyak artikel yang berada di google search engine ini. Kalau mau buktinya ya kunjungi situsnya di sini.
2. Google Maps
Kalian ingin jalan-jalan ke luar kota tapi tidak tahu jalan mana arah mana. Kalian pakai aja aplikasi Google Maps yaitu aplikasi dari google yang membantu kalian menemukan suatu lokasi di dunia atau lebih tepatnya peta online. Kalian tidak perlu repot-repot bawa peta kalau jalan-jalan. Cukup buka smartphone kalian lalu buka aplikasi Maps. Karena aplikasi tersebut sudah default berada di smartphone bersistem operasi Android. Kalian  bisa menjelajah ke mana-mana cukup dengan melihat dari layar dan suasana meenjadi lagi jalan-jalan. Fitur tersebut dinamakan Google Street View yang mana google merekam disekitarnya saat melewati jalan. Fitur selanjutnya yaitu Navigasi yang mana jika kalian ingin kesuatu tempat tapi takut salah jalan, gunakan navigasi di Google Maps. Cukup tulis lokasi kalian sekarang(misalnya Bandung) lalu ketik tujuan kalian mana (misalnya Tangerang). Itulah fungsi Google Maps yang bermanfaat sekali.
 3. Google Translate
Kalian suka travelling ke negara lain tapi tidak tahu bahasanya karena yang kita tahu hanyalah bahasa indonesia. Tenang, Google memudahkan kalian dalam berbahasa asing. Google Translate adalah teknologi buatan google yang dirancang untuk menerjemahkan berbagai macam bahasa negara di dunia. Seperti contoh kita tidak tahu bahasa inggrisnya selamat datang. Kita tinggal ketik "selamat datang" di tombol Bahasa Indonesia lalu pilih Inggris sebagai tujuan terjemah kita dan langsung ada isinya di kolom "welcome". Bisa dikatakan bahwa Google Translate adalah penerjemah instan yang mendunia. Fitur menarik dari Google Translate adalah mengambil foto yang tulisannya berbahasa asing lalu diterjemahkan oleh Google Translate tanpa harus mengetik bahasa asing yang sulit diketik di keyboard US dan IND. Fitur lainnya adalah penerjemahan lewat suara. Jika kalian ngobrol dengan turis berbahasa Itali. Gunakan fitur ini dengan merekam suara turis tersebut lalu muncul hasil terjemahannya deh. Mudah bukan.
4. Google Drive
Kalian mungkin sering kehabisan ruang penyimpanan saat mau menyimpan data-data penting. Gunakan saja Google Drive. Google Drive adalah sebuah penyimpanan online milik google yang fungsinya sebagai menyimpan data-data yang disimpan dalam awan(could) dalam bentuk online. Drive mampu menampung data-data sampai 15 GB penyimpanannya. Oleh karena itu, aplikasi ini sangat penting bagi kalian yang mau kehabisan ruang storage. Aplikasi ini sangat populer dan mempunyai saingannya juga yaitu OneDrive dari Microsoft dan Dropbox. Ini bisa diunduh dari play store dan diunduh untuk PC.
5. YouTube
Kalian suka nonton video-video menarik? Pasti kalian sudah tahu apa itu YouTube. YouTube merupakan software buatan google yang dirancang untuk menampilkan beberapa video menarik. Banyak jenis channel-channel yang ada pada YouTube diantaranya Channel gamming, channel eksperimen, channel vlog, channel petualangan, dll. Orang yang mempunyai channel di YouTube disebut Youtuber. Mungkin diantara kalian pasti youtuber atau kalian ingin jadi youtuber? Jangan putus asa dan sering buat video menarik untuk semua orang.
6. Android Device Manager
Kalian sering kehilangan perangkat seluler kalian? Dan kalian ingin selamatkan smartphone kalian dari tangan-tangan jahat? Coba software ini yang dinamakan Android Device Manager yang fungsinya melacak keberadaan smartphone kalian. Tapi, smartphone kalian harus bersistem operasi Android. Jika smartphone kalian bersitem operasi iOS atau symbian, maka ini tidak bisa berfungsi. Caranya gampang banget kalian unduh saja di Google Play Store atas nama google device manager. Atau yang di PC bisa datang kesitusnya. Masukkan email yang telah disinkron di smartphone kalian yang hilang terus masukkan email dan kata sandinya ke kolom Android Device Manager. Dan ya akan ada peta dan ada lokasi di mana letak ponsel kalian yang hilang. Bermanfaat banget yah.
7. Google Mail
Google Mail atau Gmail ialah software yang fungsinya mengirim dan menerima data-data lewat online atau biasa disebut email. Akun ini dimanfaatkan oleh banyak orang karena fitur-fiturnya yang pas di benak  masyarakat. Digunakan juga sebagai akun kepemilikan di smartphone berbasis android. Gmail sendiri memiliki ruang tak terbatas untuk menyimpan data-data email dari siapapun.
8. Google Play Store
Kalian tahu game Clash Royale, Fifa Mobile, dan Ashpalt 8 Airborne. Itulah game mobile yang didownload di Google Play Store. Google Play Store adalah software yang digunakan untuk tempat download aplikasi-aplikasi pada android kalian. Banyak sekali aplikasi yang dapat diunduh di Play Store baik itu gratis maupun berbayar. Bukan hanya aplikasi dan permainan saja, tetapi ada juga tempat mengunduh buku-buku, musik, dan film. Fiturnya ada Play Film untuk tempat download dan beli serta menonton film. Ada juga yang namanya Play Kios yaitu tempat membaca artikel-artikel atau berita terkini. Play Game juga untuk tempat mencari game serta mengumpulkan point-point dikumpulkan dan akan meraih penghargaan seperti gamer sejati. Dan ada juga Play Book tempat untuk  mengunduh, membeli, dan membaca buku-buku atau novel dalam bentuk layar di smartphone.
9. Google Blogger
Kalian suka mengunjungi situs-situs blogspot yang berisi artikel menarik seperti cara membuat, cara membuka, cara menggunakan, cara memperbaiki dan mengatasi, atau cara memasak sesuatu? Itulah dinamakan blog atau situs dimana orang mempublikasikan artikel yang mereka buat. Dan orang yang membuat blog disebut blogger. Contohnya saya membuat artikel ini juga di blogger. Blogger juga membawa bisnis yang dapat menguntungkan para blogger seperti mendapat penghasilan melalui Google AdSense. Semakin banyak pengunjung yang mengunjungi blog itu maka blogger itupun akan mendapat banyak penghasilan.
10. Google Chrome
Chrome adalah software browser yang terbaik saat ini karena tampilan dan kecepatan serta ketepatan dalam mencari sesuatu. Google Chrome bisa diunduh untuk Android, Windows, iMac, iPhone, dll. Tapi, semenjak ada browser terbaru milik Microsoft yaitu Microsoft Edge, Chrome sudah setara dengannya. Microsoft Edge hanya ada pada platform Windows 10, Windows 10 Mobile, Android, dan iOS. Saat ini walaupun sudah ada Microsoft Edge, tetapi mereka masih ingin menggunakan Chrome untuk menjadi browser default di platform mereka.
Dan itulah 10 Software Bermanfaat Dari Google. Mungkin kalian juga peminat kesepuluh software tersebut. Dan masih banyak software yang bermanfaat dari google yang tidak bisa saya sebut di atas seperti Google Earth, Google Play Music. Tapi, software tersebut sudah sangat berguna bagi kalian dan saya juga tentunya.

Dah sekian hanya itu saja yang dapat saya publikasikan. Bila ada kekurangan mohon dimaafkan. Sekian, terima kasih dan sampai jumpa.

1 comment for "10 Software Bermanfaat Dari Google"

  1. Pusat perkembangan jaman manusia memang harusnya google, karena teknologinya merakyat.. Mantap dahh

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang bijak dan sesuai dengan topik pembahasan