Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Macam-macam Komputer Berdasarkan Spesifikasinya

Zaman sekarang adalah zaman dimana ilmu pengetahuan sudah maju khususnya dibidang teknologi. Teknologi sekarang sudah cukup canggih seperti video call, mengetik naskah, facebook, whatsapp, dll. Itu semua adalah ciptaan manusia yang ipteknya digunakan untuk merancang teknologi khususnya komputer. Komputer merupakan sebuah alat komunikasi yang terkenal sekarang ini. Orang mana yang tidak tahu komputer. Bahkan orang-orang yang hidup 1 abad lalu sudah mengenal komputer bahkan sebelum-sebelumnya. Komputer dirancang untuk membantu meringankan beban orang-orang dalam melakukan pekerjaan mereka. Saat ini orang-orang sudah terbiasa dengan menjalankan komputer. Untuk saat ini, komputer sekarang banyak sekali jenis yang diketahui. Banyak merek-merek yang memproduksi komputer seperti Asus, Lenovo, Dell, Acer, Samsung, dan banyak lainnya. Komputer juga selain banyak merek juga banyak jenisnya. Kali ini akan dibahas jenis komputer berdasarkan spesifikasinya.
Banyak sekali jenis-jenis komputer yang dipakai semua kalangan mulai dari pelajar, pendidik, kantor, pemerintahan, dll.

1. Komputer Low-end

Komputer jenis ini adalah komputer yang memiliki spesifikasi yang rendah dimana memiliki spesifikasi yang terbatas penggunaannya. Seperti komputer yang memiliki prosessor intel atom atau prosessor dibawah 1.0 GHz. Dan juga memiliki memori kurang dari 2 GB. Rata-rata hardisknya rendah. Komputer jenis ini hanya digunakan di rumah untuk nonton film, menulis skripsi, streamingan, dan apa lagi komputer ini tidak disupport untuk bermain game kelas menengah atau kelas atas. Komputer ini bisa main game yang ringan-ringan seperti game bawaan Windows 7, Gamehouse, dsb. Karena rendahnya spesifikasinya, harganya pun murah. Daya listrik yang dibutuhkan pun ultra low. Contohnya dari komputer ini yaitu netbook.
Netbook merupakan salah satu komputer yang termasuk kategori komputer low-end.


2. Komputer Mid-end

Komputer jenis ini adalah komputer yang memiliki spesifikasi yang medium. Maksudnya bukan terlalu rendah maupun bukan terlalu tinggi. Komputer ini ciri-cirinya memiliki CPU diantara 1.5 GHz sampai 2.3 GHz. Komputer ini juga dibekali RAM 2-4 GB. Memiliki kartu grafis yang pas-pasan, komputer ini mampu memainkan game kelas menengah seperti GTA 3, GTA San Andreas, PES 2013, dll. Komputer ini masih bisa untuk edit foto seperti corel draw, photoshop tapi belum bisa edit video. Komputer ini memiliki harga yang lumayan oke karena banyak orang memilih komputer ini untuk pekerjaan, sekolahan, rumahan. Contoh dari komputer ini yaitu laptop, notebook, ultrabook, desktop, dan desktop AIO.
Komputer Mid-end adalah komputer yang memiliki spesifikasi yang medium salah satunya desktop All in One

3. Komputer High-end

Komputer jenis ini adalah komputer yang memiliki spesifikasi yang handal. Bagaimana tidak, komputer ini mampu melakukan segalanya seperti main game berat, nonton film, editing foto, editing video dengan Adobe Premiere dan Adobe After Effect untuk membuat efek di video. Komputer ini memiliki CPU yang lebih dari 2.5 GHz serta kapasitas RAM sekitar 6-32 GB. Komputer ini bisa disebut dengan gaming. Komputer ini digunakan orang yang suka main game-game (Gamers) dan digunakan sebagai komputer server dalam melayani client-clientnya. Untuk harganya terjangkau lebih mahal dari komputer low-end dan mid-end. Komputer ini biasanya memakai prosessor kelas kakap. Untuk daya listrik memang membutuhkan daya yang tidak sedikit karena semakin tinggi spesifikasinya semakin tinggi daya yang dibutuhkan.
PC Gaming adalah komputer yang memiliki spesifikasi yang unggul dan dapat memainkan game-game berat.
Itulah macam-macam komputer berdasarkan spesifikasinya. Untuk itu bagi kalian yang ingin membeli sebuah komputer lihatlah mana yang cocok, seperti untuk anak kuliahan, anak gamers, anak bangsawan. Pilihlah komputer yang pas ya..!! Jangan memilih komputer sesuai exteriornya saja tetapi dari dalamnya juga harus diperhatikan. Dan jangan lupa yang satu ini. Apa itu? Iya,  Budget. Budget juga harus diperhatikan karena kalau kita sudah ada tujuan beli komputer eh tapi budgetnya kurang ya mau gak mau harus ada tambahannya juga. Oke, sekian dulu temen-temen. Sampai jumpa dikemudian hari. Selamat membaca.

2 comments for "Macam-macam Komputer Berdasarkan Spesifikasinya"

Silahkan berkomentar yang bijak dan sesuai dengan topik pembahasan