Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hardware, Software, dan Brainware. Apa itu?

Hardware, Software, dan Brainware. Apa itu?

Apa itu Hardware, Software, dan Brainware? Mungkin kalian tidak asing kalau kata itu sudah menjadi hal yang biasa diucapkan orang-orang yang tahu banyak tentang teknologi khususnya komputer. Kalian diajari oleh guru komputer kalian saat kalian mempelajari komputer di sekolah, di rumah (les private), dll. Tapi saat ditanya oleh guru kalian tidak tahu. Bahkan kalian belum mengerti apa itu hardware, software, dan brainware walaupun guru kalian memberitahu pengertiannya. Kali ini saya akan menjelaskan dan mengulas tentang Hardware, Software, dan Brainware. Sebelum itu, saya informasikan bahwa hardware,software, dan brainware itu adalah hal dasar saat mempelajari komputer. Oke, kita lanjut saja.
1. Hardware
Kalian tahu apa itu hardware. Hardware adalah komponen pada komputer yang dapat dilihat dan disentuh oleh anggota tubuh (fisik). Rupa secara fisik dari komputer dapat kita sebut sebagai Hardware. Hardware disebut juga dengan Perangkat Keras. Hardware terbagi menjadi 3 kelompok, yakni :
  1. Perangkat Masukan atau Input yaitu perangkat yang fungsinya digunakan untuk memasukkan intruksi/perintah dari sang pengguna komputer. Contohnya adalah Keyboard, Mouse, Trackball, Scanner, Joystick, dsb.
  2. Perangkat Pemrosesan yaitu hardware yang fungsinya sebagai memroses data-data, input, dll dari pengguna ke komputer. Contohnya yakni Prosesor, RAM, VGA Card, Motherboard, dsb.
  3. Perangkat Keluaran atau Output yaitu hardware yang dapat digunakan untuk menghasilkan suatu proses dari komputer oleh penggunanya. Contohnya adalah Monitor (menghasilkan layar untuk menampilkan gambar), Printer (menghasilkan hasil cetak berupa teks, naskah, dan gambar, Speaker (menghasilkan suara), dll.
2. Software
Apa itu software? Software atau disebut juga dengan Perangkat lunak adalah data-data yang terdapat dalam sebuah komputer yang diformat kemudian disimpan secara digital. Software merupakan komponen yang tidak berupa fisik atau non fisik, tetapi terdapat di dalam komputer. Contohnya ada Software Sistem Operasi yang menghubungkan hardware dengan pengguna. Contohnya lagi ada aplikasi yakni software yang dapat membantu kita menjalankan sebuah komputer. Software ini bermanfaat untuk pengguna seperti untuk internetan, multitasking, main musik, bermain game, menulis naskah teks, dll.
3. Brainware
Brainware adalah orang yang mampu menjalankan sebuah komputer. Orang ini adalah programmer, netter (orang yang melakukan surfing di internet), dan termasuk kita yang menggunakan komputer untuk keperluan kita.

Itulah yang dinamakan hardware, software, dan brainware. Kita dapat menggunakan komputer bila kita tahu apa itu hardware, software, dan brainware. Hubungan antara ketiganya tidak bisa dipisahkan bagaikan seorang saudara. Hardware tidak dapat berjalan tanpa adanya software dan juga software tidak dapat digunakan tanpa adanya brainware. Dan brainware tidak akan menjalankan komputer kalau komputer itu tidak ada hardware dan software. Begitulah hubungan mereka yang baik dan tak terkalahkan dengan kita.

Itu dia pembahasan kali ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Bila ada kekurangan dan kesalahan kata mohon maaf dan mohon komentarnya. Semoga kalian faham tentang hardware, software, dan brainware itu.



Post a Comment for "Hardware, Software, dan Brainware. Apa itu?"