Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Konsol Game Dengan PC atau Laptop

Saat ini, game merupakan sesuatu yang tidak boleh dilupakan karena banyak orang yang meminati game baik orang dewasa, remaja, maupun anak-anak. Game dapat menghibur kita disaat kita sedang capek-capeknya. Game juga dapat membuat kita lebih fresh daripada harus pergi ke tempat sepi lalu bertapa. Itu sungguh membosankan. Zaman ini adalah zaman maju-majunya teknologi guys. Jadi pasti ada teknologi untuk memainkan game yang biasa disebut konsol game. Game sendiri dulunya memiliki grafik yang pas-pasan seperti grafiknya kotak-kotak, dll. Nah, semakin berkembangnya teknologi, grafik gamenya pun perlu diacungi jempol guys. Grafiknya sudah 3D yang membuat gamenya seolah-olah nyata seperti kehidupan. Karena grafiknya oke, spek yang harus dipenuhi konsol game juga harus oke guys. Game tidak hanya dimainkan di konsol game saja tetapi bisa dimainkan di PC atau laptop. Jadi, apa perbedaannya konsol game dengan PC atau laptop? Mengapa? Kalau gitu kita bahas yaitu Perbedaan Konsol Game Dengan PC/Laptop :
Perbedaan-bermain-game-di-konsol-game-terletak-pada-caranya-masing-masing
Bermain game adalah salah satu kegemaran sebagian orang karena dapat menghilangkan stress dan rasa capek.

Baca juga : Macam-macam Komputer Berdasarkan Spesifikasinya

1. Cara Main Gamenya

Hal yang membuat kenyamanan saat bermain game adalah cara mainnya. Untuk yang menggunakan konsol game yang ditampilkan oleh layar monitor atau televisi pasti menggunakan stick joy. Alat tersebut digunakan untuk main game via konsol game. Untuk stick joy Playstation dengan stick joy XBOX serta Nitendo, tombol fungsinya berbeda tergantung konsolnya jenis apa, XBOX, Playstation, atau Nitendo.
Untuk yang menggunakan PC pasti menggunakan keyboard + mouse. Tergantung gamenya harus memakai tombol apa. PC juga melayani bermain dengan stick joy tergantung sticknya dia pakai yang mana. Pengguna bisa memilih main game dengan stick joy atau keyboard + mouse. Lebih mudah mana terserah kalian semua.

2. Device dan Penggunaannya

Device atau CPU dan Graphic Card merupakan komponen yang penting dalam dunia teknologi khususnya konsol game dan PC. Untuk itu, konsol game tidak mudah diupgrade ketika ada game baru yang membutuhkan kartu grafik yang tinggi dan kamu ingin sekali main game itu. Karena jika kamu ingin bermain game baru yang membutuhkan spek yang tinggi, kamu harus beli lagi jenis konsol game yang tertinggi misalnya PS 3 beli ke PS 4. Itu pasti ada harganya bro.
Berbeda dengan PC. Kita bisa upgrade komponennya seperti CPU, RAM, serta kartu grafisnya. Kita bisa memainkan game yang baru asal kita upgrade dulu PC kita. Lebih praktis mana konsol game dengan PC? Jawaban ada pada dirimu masing-masing. 

3. Grafik Gamenya

Hal yang membuat orang memilah dan memilih tentang game adalah tampilan grafiknya. Tampilan yang ada pada konsol game dengan konsol game lainnya saja berbeda apalagi dengan PC. Maksudnya tampilan grafik disini adalah tampilan warna, kecerahan, kontras, itu yang membuat berbeda. Mana yang tampilannya terlihat real itu dia yang terbagus. Untuk ini sih tergantung kalian mana yang cocok. Asal bisa main gamenya. Lihat gambar dibawah yaitu perbedaan tampilan grafik yang ada pada konsol game dan PC.
Perbandingan-grafik-game-ps4-ps3-pc
Perbandingan perbedaan grafik game di PS3, PS4 dan PC.

4. Cara Mendapatkan Game

Jika kita ingin bermain game yang harus kita lakukan adalah mendapatkan game tersebut. Lantas bagaimana cara kita mendapatkan game untuk konsol game atau PC kita? Yak, caranya yakni membeli kepingan CD yang berisi game. Kita tahu game ini untuk platform apa. Untuk PS2 ada, untuk PS3 ada, untuk XBOX One ada, untuk PC? Ya tentu saja ada. Tapi bagi sebagian orang mendapatkan game untuk PC mereka bukan membeli tapi mengunduhnya lewat internet. Ada situs yang menyediakan game untuk didownload. Mereka mengunduhnya seperti bebas asalkan bisa bermain game. Berbeda dengan konsol game yang hanya membelilah untuk mendapatkan game dan harganya pun itu tidak murah. Hanya satu set game sekitar Rp.120.000 rupiah. Itupun kalau ingin mempunyai 25 set game misalnya. Hanya butuh berapa biaya agar bisa mendapatkan 25 set game. Beruntunglah pengguna PC yang hanya mengandalkan paket download untuk menginginkan bermain game.
Membeli game lebih baik daripada mengunduh dari internet secara bebas yang banyak virus-virus berbahaya.
Mendapatkan game dengan cara membeli itu dianjurkan daripada mendownload secara bebas dari situs-situs penyedia game-game.

5. Harga

Selain itu, harga juga dipertimbangkan. Konsol game misalnya PS4 memiliki harga sekitar 4 juta. Harga segitu tidak termasuk game didalamnya. Dan harga PC gaming sekitar 7-10 juta. Di antara kedua pilihan tersebut mana diantara kalian harga yang lebih murah? Jawabannya ada pada kalian. Jika memang kalian gamers sejati pilihan itu tak ada gunanya. Kalian main dimanapun pasti bisa main game asalkan ada niat buat main game.
Itulah perbedaan konsol game dengan PC. Jadi kesimpulannya adalah bagaimanapun caranya bermain game tetaplah sama hanya saja fungsi dan letaknya yang berbeda. Bermain game itu lebih baik bersama-sama agar rasa keseruan bersama terasa daripada sendirian yang hanya ditemani suara game atau suara detikan jam. Mungkin diantara kalian ada yang kurang setuju tapi tidak apalah yang penting saya menyampaikan pengetahuan saya kepada kalian semua. Bagi kalian yang gamer, mohon lebih baik luangkan waktu untuk belajar daripada berjam-jam, berhari-hari, bahkan bertahun-tahun memainkan game. Bolehlah kita bermain game tetapi jangan banyak-banyak bermain game dan ingat waktu untuk mengingat siapa dirimu dan apa kewajibanmu. Saya akhiri sekian dan terima kasih. 

Post a Comment for "Perbedaan Konsol Game Dengan PC atau Laptop"