Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Software Yang Harus Ada Pada Komputer

Sistem Operasi yang memiliki pengguna terbanyak di dunia adalah Windows yang dimiliki perusahaan raksasa software Microsoft Corporation.
Kemajuan teknologi pada masa sekarang ini membuat banyak orang yang suka akan teknologinya itu. Teknologi tersebut tidak lain adalah smartphone guys. Smartphone yang sekarang pada canggih semua itu mengusung fitur-fitur yang canggih seperti face ID, full screen, mengusung layar gorilla glass, dan banyak lainnya. Selain smartphone ada juga yang namanya PC atau laptop guys. Laptop yang sekarang ini tidak kalah banyak dengan jumlah pengguna smartphone. Karena setiap gadget pasti ada peminat masing-masing.
Untuk hari ini kita akan membicarakan tentang software yang ada pada komputer kalian tidaklain adalah OS atau Operating System. Kalian pasti tahu apa itu OS. Iya, OS adalah software penting dalam sebuah komputer yang berfungsi sebagai penghubung antara hardware dengan software. Seperti jembatan pasti menghubung, itulah fungsinya seperti memberikan hubungan erat. OS sendiri bermacam-macam ada banyak sekali sistem operasi. Sebagai contoh Windows. Windows adalah OS yang ada pada komputer yang saat ini peminat paling banyak di dunia. Mungkin kalian pernah menginstalnya di komputer kalian atau mengupgradenya. Terus apa yang kalian lakukan ketika setelah menginstal OSnya? Iya, menginstal software penting dulu kan? Nah kami akan meliput tentang Software Yang Harus Ada Pada Komputer.

1) Antivirus

Iya, yang pertama adalah Antivirus. Tahukah kamu bahwa antivirus merupakan software yang fungsinya menjaga, mengamankan, serta menangkap virus atau malware jahat yang dapat merusak komputer kalian guys. Untuk itu download atau beli antivirus untuk komputer kalian. Kan masih sayang sama komputernya kan? Antivirus sendiri ada banyak kok. Ada AVG, Avira, Smadav, Avast, dll. Untuk komputer yang ber-OS Windows 8.1 dan Windows 10 ada antivirus bawaan tidaklain adalah Windows Defender. Kalau kalian ingin antivirus yang lain juga tidak apa-apa kok yang penting ada usaha untuk merawat komputer kesayangan kalian itu aja.
Baca juga : Cara Mendownload dan Menginstal Smadav Free Antivirus

2) Aplikasi Pemutar Video dan Musik

Kalian suka nonton film atau mendengarkan musik. Pastinya komputer kamu harus punya software pemutar video dan musik. Apa saja itu? Diantaranya untuk pemutar video ada GOM Player, VLC Media Player, Media Player Classic, dsb. Di Windows sudah ada bawaan yaitu Windows Media Player serta Movies & TV di Windows 10. Dan untuk bawaan Mac OS ada Quicktime. Untuk aplikasi pemutar musik ada Winamp, Spotify, AIMP3, dsb. Di dalam OS Windows ada Windows Media Player serta Groove Music di Windows 10. Dan aplikasi pemutar musik bawaan Mac OS adalah iTunes. Mungkin diantara itu semua mana yang lebih kamu sukai? Jawabannya ada pada kamu sendiri.
Spotify merupakan aplikasi pemutar musik yang terkenal oleh banyak pengguna.

  3) Software Pengolah Data

Di sini yang saya maksud adalah software yang dapat membantu pekerjaan dalam menulis, menghitung data, membuat presentasi, serta membuat database. Software ini tidak lain adalah Microsoft Office. Yak, software tersebut merupakan software yang saat ini banyak digunakan karena fitur dan fungsinya yang mempermudah seseorang yang mengerjakan tugas mereka. Diantara softwarenya yaitu Microsoft Word, Excel, PowerPoint, Publisher, Access, dsb. Untuk itu kalian pasti tahu fungsi-fungsi dari office-office tersebut kan? Bagaimana caranya agar bisa mendapatkan Microsoft Office ya? Caranya yaitu beli lisensinya. Kalau gak punya uang ya cara ini ampuh asalkan ada kuota internet yang besar. Apa itu? Yak, download. Banyak situs-situs yang menyediakan download office dan lainnya. Tapi, kalian harus hati-hati. Bisa-bisa itu ada virusnya.

4) Software Downloader

Apa itu software downloader? Software Downloader adalah software yang memiliki fungsi yakni mendownload file-file yang kita unduh dari internet. Di antara software-software downloader saya memilih yakni IDM atau Internet Download Manager. IDM adalah software downloader yang terkenal saat ini karena memiliki kelebihan daripada download di browser yakni kecepatan. Kecepatan download di IDM lebih cepat 10% jika dikira-kira daripada download di browser. IDM bisa mendownload beberapa file seperti foto, video, musik, audio, naskah, dll. Kalian bisa download file IDMnya untuk PC kalian di sini. 

5) Browser Internet

Kalau kita internetan pasti butuh software yang satu ini. Yak, browser. Browser adalah software penjelajah internet/situs-situs tertentu dengan adanya jaringan sebagai kunci membuka internet. Browser sendiri memiliki banyak jenis dan banyak fungsinya. Di antaranya ada Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera Web, dsb. Browser bawaan Windows adalah  Internet Explorer dan Microsoft Edge. Serta untuk browser bawaan Mac Os atau iOS yakni Safari. Jika kalian ingin menjelajah internet dengan cepat dan stabil, saya sarankan menggunakan Google Chrome. Pilihlah browser sesuai keinginanmu saja karena itu urusan kalian masing-masing mau milih yang mana saja boleh. Asalkan kalau memakainya kudu harus ada sinyal internet. 
Download Browser Mozilla Firefox 
Download Browser Google Chrome

6) Software Pengompress

Apa itu software pengompress? Yak, software pengompress yaitu software yang digunakan untuk mengompress data dari dalam bentuk file lain menjadi file yang sesungguhnya atau sebaliknya. Dari ukuran yang kecil menjadi ukuran yang sesungguhnya begitu juga sebaliknya. Aplikasi tersebut merupakan aplikasi penting bagi seseorang yang mendapatkan file lain baik itu download dari internet ataupun diberi oleh teman atau kerabat. Software ini pastinya berfungsi sekali bahkan wajib ada di komputer kalian. Software tersebut yakni WinRar, WinZip, 7zip, dsb. Kalian bisa ekstak file dengan aplikasi tersebut. Untungnya kalian bisa mendapatkannya di situs aslinya sana. Bagi yang belum punya software ini, cepetan kalian unduh nih guys. Mumpung kuota kalian masih banyak.

7) Software Editing

Salah satu aplikasi yang harus ada pada komputer kalian adalah aplikasi editing. Kalian pasti suka editing foto atau video. Software apa saja yang harus kalian miliki pastinya yaitu Adobe Photoshop. Software terbitan Adobe melayani software editing foto. Tapi kalian tidak memakainya karena sulit kan? Iya iyalah, itu aplikasi profesional guys. Bagi yang sudah profesional atau ahlinya pasti gampang banget. Selain Adobe Photoshop ada Photoscape dan Corel Draw. Kalian yang hobi gambar pasti tahu software Corel Draw ini. Ini juga profesional juga guys. Hanya profesional saja yang mudah menggunakannya. Selain editing foto, ada juga editing film. Yakni Adobe Premiere. Software ini adalah software yang digunakan oleh orang-orang multimedia, youtubers, serta pembuat film untuk mengedit video mereka. Aplikasi ini juga profesional guys, karena itu film Avenger, X-Men itu bisa bagus karena editornya ahli dibidang editing video. Selain Adobe Premiere ada juga Windows Movie Maker terbitan dari Microsoft Corp. Tapi software ini tak seprofesional Adobe Premiere.

8) Games

Di dalam komputer kalian harus minimal punya permainan. Karena permainan itu dapat membuat fresh dan tidak boring bagi pemainnya. Apa kalian punya permainan di komputermu? Apa saja? Permainan itu ada banyak dan bermacam-macam. Ada permainan yang bergenre action, ada petualangan, balapan, ada juga simulasi, strategi, dan banyak lain. Bahkan ribuan bahkan ratusan ribu game yang telah dibuat oleh penerbitnya guys. Pastinya di Windows kamu bisa ada game bawaan khusus windows 7 ada Chess Titans, Purble Place, Minesweeper, dll. Pastinya kalian juga bisa download game kok di internet banyak seperti Plants vs Zombies, Farm Frenzy, Angry Birds, dsb.
Salah satu software yang harus ada pada komputer kalian yakni semua jenis permainan.

9) Dan lain-lain

Masih banyak software yang harus kalian miliki pada komputer kalian. Seperti software untuk membuka kamera laptop atau webcam. Banyak aplikasi semacam itu. Serta ada aplikasi burning CD di PC atau laptop kalian. Ada juga aplikasi sosmed seperti Facebook, Instagram, Twitter, Email dan banyak lagi. Mungkin ada yang dibutuhkan atau hanya cukup yang penting untuk komputer kalian. Semua tergantung pada kalian karena pilihanmu ialah yang terbaik.
Sekian itu yang perlu saya bagikan. Sebuah komputer akan berfungsi dengan baik karena pengguna yang menggunakannya itu baik. Baik disini adalah baik merawat, membersihkan, selalu waspada terhadap virus atau malware. Bukan karena baik perawatannya tetapi baik untuk tidak menggunakan lama-lama. Jangan membuat komputer kalian rusak atau hal yang tidak diinginkan. Bisa jadi kalian bermain game tetapi kalah 9-0 jangan pukul layar komputer tetapi pukulah layar TV yang menyala karena ditonton emak bapak mu. Bagaimana jadinya ya? Komputer itu tidak bersalah, yang salah itu adalah orang yang tidak bertanggung jawab. Jangan salahkan komputer kalian yang jelek tetapi salahkan dirimu sendiri yang bertanggung jawab. Itu yang saya sampaikan yang disampaikan oleh guruku sendiri dan saya sampaikan ke kalian. Sekian dan sampai jumpa di postingan selanjutnya. Terima Kasih.

Post a Comment for "Software Yang Harus Ada Pada Komputer"